Tugas 1 Analis Sistem

ANALIS SISTEM

Pengertian Analis Sistem:
Analis sistem adalah seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan. Analis sistem memegang peranan yang sangat penting dalam proses pengembangan sistem




Tugas Umum dan Teknis dari Analis Sistem:
·      Mengumpulkan dan menganalisis dokumen maupun file yang ada hubungannya dengan sistem yang sedang berjalan.
·      Menyusun dan menyajikan laporan untuk perbaikan sistem yang sedang berjalan kepada pemakai.
·      Merancang suatu sistem perbaikan dan menidentifikasi aplikasi-aplikasi untuk penerapannya pada komputer.
·      Melakukan analisis, menyusun biaya maupun keuntungan yang didapatkan pada sistem yang baru.
·      Dan mengawasi berbagai aktivitas pada sistem yang baru dibuat

Job Descriptions dari Analis Sistem:
1. Memperluas atau memodifikasi sistem untuk melayani tujuan baru atau meningkatkan alur kerja.
2. Menguji, memelihara, dan memantau program komputer dan sistem, termasuk koordinasi instalasi program komputer dan sistem.
3. Mengembangkan, dokumen dan merevisi prosedur desain sistem, prosedur pengujian, dan standar kualitas.
4. Menyediakan staf dan pengguna dengan membantu memecahkan masalah komputer terkait, seperti malfungsi dan masalah program.
5. Meninjau dan menganalisa hasil print-out komputer dan indikator kinerja untuk menemukan masalah kode, dan memperbaiki eror dengan mengkoreksi kode.
6. Berkonsultasi dengan manajemen untuk memastikan kesepakatan pada prinsip-prinsip sistem.
7. Berunding dengan klien mengenai jenis pengolahan informasi atau perhitungan kebutuhan program komputer.
8. membaca manual, berkala, dan mereport secar teknis untuk belajar bagaimana mengembangkan program yang memenuhi kebutuhan staf dan pengguna.
9. Mengkoordinasikan dan menghubungkan sistem komputer dalam sebuah organisasi untuk meningkatkan kompatibilitas dan sehingga informasi bisa dibagi.
10. Menentukan software atau hardware komputer yang diperlukan untuk mengatur atau mengubah sistem.


Hasil dari Analis Sistem adalah:
laporan yang dapat menggambarkan sistem yang telah dipelajari dan diketahui bentuk permasalahannya serta rancangan sistem baru yag akan dibuat atau dikembangakan.

Langkah Kerja dari Analis Sistem:
Langkah-langkah kerja dari analis sistem, diantaranya meliputi:
·      tahap melakukan identifikasi permasalahan pada sistem
·      tahap melakukan studi kelayakan dan memahami kinerja dari sistem yang ada.
·      tahap melakukan analisis dan perancangan sistem.
·      tahap melakukan penerapan sistem.
·      tahap melakukan evaluasi dan pemeliharaan pada sistem.


SISTEM INFORMASI

Sistem informasi adalah suatu sistem yang menyediakan informasi untuk manajemen dalam mengambil keputusan dan juga untuk menjalankan operasional perusahaan, di mana sistem tersebut merupakan kombinasi dari orang-orang, teknologi informasi dan prosedur-prosedur yang tergorganisasi.
Pengembangan sebuah perusahaan memiliki 4 komponen utama sistem informasi, yakni: Transaction Process System, Management Information System, Decision Support System, dan Executive Information System.

Berikut ini merupakan analisis sistem informasi yang terdapat pada Fast Food (Pizza Hut)


1.    
TPS (Transaction Processing Systems)
TPS adalah sistem informasi yang terkomputerisasi yang dikembangkan untuk memproses data dalam jumlah besar untuk transaksi bisnis rutin seperti daftar gaji dan inventarisasi. TPS berfungsi pada level organisasi yang memungkinkan organisasi bisa berinteraksi dengan lingkungan eksternal. Data yang dihasilkan oleh TPS dapat dilihat atau digunakan oleh manajer
TPS yang digunakan Pizza Hut adalah sistem Point of Sale, yaitu sistem yang menggunakan cash register untuk menyimpan dan mengirim data input penjualan pada semua jaringan yang langsung terhubung dengan computer pusat dan dapat diproses secara cepat dan secara periodik. Pada prinsipnya pesanan pelanggan diterima oleh sistem dan akan dicatat oleh makaline station sebagai pengumpul data kolektif dari beberapa order station. Kemudian pesanan akan diprses langsung oleh dapur dengan transaksi hardcopy sebagai perintah kerja, semua data transaksi ini akan disimpan dalam file server dan dipantau langsung oleh headquarter melalui jaringan WAN

2.    MIS (Management Information Systems)
MIS tidak menggantikan TPS , tetapi mendukung spektrum tugas-tugas organisasional yang lebih luas dari TPS, termasuk analisis keputusan dan pembuat keputusan. SIM menghasilkan informasi yang digunakan untuk membuat keputusan, dan juga dapat membatu menyatukan beberapa fungsi informasi bisnis yang sudah terkomputerisasi (basis data).
MIS yang digunakan pada Pizza Hut adalah Pizza Hut’s Field Management System yang menyediakan aplikasi yang dapat membantu store manager dalam business forecasting, inventory management dan human resources management. Aplikasi ini akan berupa suatu bentuk pelaporan yang selanjutnya digunakan oleh perusahaan dalam penentuan atau pengambilan keputusan pada sistem penunjang keputusan.

3.    DSS (Decision Support Systems)
DSS hampir sama dengan SIM karena menggunakan basis data sebagai sumber data. DSS bermula dari SIM karena menekankan pada fungsi mendukung pembuat keputusan diseluruh tahap-tahapnya, meskipun keputusan aktual tetap wewenang eksklusif pembuat keputusan.
Penggunaan sistem informasi berbasis komputer (Computer-Based InformationSystem) yang digunakan oleh Pizza Hut untuk mendukung keseluruhan kegiatanperusahaan terlihat pada masing-masing bidang yakni: Menunjang operasi bisnis dalam hal: -Melayani transaksi penjualan -Membantu dalam me-record pembelian pelanggan -Melacak persediaan -Membayar gaji karyawan -Pembelian bahan baku -Mengevaluasi trend penjualan atau sales performance lainnya

4.    ESS (Executive Information System)
ESS  tergantung pada informasi yang dihasilkan TPS dan SIM dan ESS membantu eksekutif mengatur interaksinya dengan lingkungan eksternal dengan menyediakan grafik-grafik dan pendukung komunikasi di tempat-tempat yang bisa diakses seperti kantor.
Pizza Hut ESS dibangun melalui Pizza Hut Field Management System, untuk operational masing-masing outlet menyangkut bussiness forecasting inventory management dan human resource management yang tersambung secara otomatis dengan Head Quarter. System ini memungkinkan mampu menyajikan gambaran operasional dari masing-masing outlet; melayani kebutuhan informasi eksekutif puncak; menyajikan tampilan yang akrab di pengguna; sesuai dengan tepat waktu dan efektif; menyajikan penelusuran dan pengendalian yang tepat waktu dan efektif; menyajikan akses cepat atas informasi rinci dengan teks, angka, atau grafik; mengidentifikasi masalah, serta menyaring, mengkompres, dan melacak data dan informasi kritikal.

Comments